SMS Minta Pulsa dari Pengungsi Sinabung Marak

TEMPO Interaktif, Kupang - Pesan pendek (SMS) permintaan pulsa yang mengatasnamakan pengungsi letusan Gunung Sinabung, marak di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya menerima SMS permintaan pulsa dari orang tak dikenal yang mengaku pengungsi letusan Gunung Sinabung," kata Yasinta Ripo, seorang warga Kupang, Rabu (1/9).

Pengedar SMS dengan nama Rahman itu mengaku salah satu pengungsi letusan Gunung Sinabung dan  meminta tolong agar penerima SMS segera mengirim pulsa kepadanya untuk menghubungi keluarganya. "Pengedar mengaku bernama Rahman, pengungsi letusan Gunung Sinabung," katanya.


Yasinta mengaku tidak langsung mempercayai SMS tersebut, karena takut tertipu dengan maraknya SMS penipuan berkedok hadiah puluhan juta. "Saya bisa berikan, tapi apakah pengedar benar ia pengungsi letusan Gunung Sinambung," katanya.

Tidak hanya Yasinta, Wilsen, warga Kupang lainnya, juga menerima SMS serupa yang mengaku pengungsi letusan Gunung Sinabung dan meminta tolong untuk dikirim pulsa. "Saya tidak percaya, jadi saya tidak kirim pulsa ke mereka," katanya.

Dia mengatakan bisa saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan bencana letusan Gunung Sinabung untuk mencari keuntungan pribadi. "Kalau mereka memanfaatkan momen itu, maka mereka adalah orang yang tidak tahu diri," katanya.


No comments:

Post a Comment