Letusan Sinabung Senin Pagi Timbulkan 8.000 Pengungsi Baru

Letusan Gunung Sinabung
Karo - Letusan Gunung Sinabung pada Senin (30/8/2010) meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya letusan yang lebih besar. Akibatnya angka pengungsian diperkirakan akan bertambah.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif menyatakan, setidaknya ada 8.000 jiwa pengungsian baru yang akan masuk ke lokasi penampungan pengungsi. Pengungsi baru ini akan menambahi pengungsi saat ini yang berjumlah 21.085 jiwa.

"Belum bisa dipastikan berapa angka persisnya pengungsi baru itu. Tapi yang terpenting, kita akan menyiapkan tempat untuk mereka, memastikan kebutuhan mereka terpenuhi," kata Syamsul kepada wartawan Senin (30/8/2010) di Posko Utama Penanggulangan Bencana Letusan Gunung Sinabung, Jl. Veteran, Kabanjahe, Karo.


Beberapa persoalan yang muncul di lapangan, kata Syamsul, adalah kapasitas dan ketersediaan kebutuhan para pengungsi. Ini bukan pekerjaan mudah karena jumlah pengungsi yang cukup besar.

Disebutkan Syamsul, dalam penanggulangan bencana di Karo ini, pihaknya berfungsi sebagai pendukung, peran utama tetap ada pada pemerintah lokal. Jika ada kebutuhan, dapat disampaikan pada BNPB untuk dapat dibantu.

No comments:

Post a Comment