Logistik Cukup Sampai Dua Pekan

Warga sekitar Gunung Sinabung yang mengungsi di Kabanjahe (tribun Medan/Deddy Sinuhaji)
KABANJAHE, KOMPAS.com - Bantuan logistik untuk para pengungsi korban letusan Gunung Sinabung terus mengalir. Logistik yang ada diperkirakan memenuhi kebutuhan sampai dua pekan ke depan, bahkan lebih.
"Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pemerintah juga telah mempersiapkan dana Rp 16 miliar untuk membantu para pengungsi di Kabupaten Karo," kata Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Soetrisno di Posko Utama Badan Penangguangan Bencana Daerak Kabupaten Karo, Rabu (1/9/2010).
Sejauh ini, lanjutnya, uang bantuan dari negara belum digunakan karena bantuan dari masyarakat terus berdatangan.

Beberapa tempat pengungsian seperti di desa Tigabinanga dan Perbesi melaporkan kekurangan bahan makanan untuk para pengungsi. Namun pada Selasa malam, tim langsung mengirimnya.

"Sekarang semua bahan makanan sudah sangat cukup. Tapi kami masih kekurangan selimut dan obat-obatan terutama obat untuk gatal-gatal," kata Pastur Moses Situmorang yang ikut menangani pengungsi di Desa Tigabinanga.
Soetrisno menjelaskan, semua koordinator tempat pengungsian diminta untuk melaporkan kekurangan logistik mereka, sehingga BPBD Kabupaten Karo bisa langsung meresponsnya.

sumber

No comments:

Post a Comment