Akhir Agustus Sinabung 20 Kali Gempa

Letusan Sinabung
TEMPO Interaktif, Medan - Pada dua hari terakhir bulan Agustus, Gunung Sinabung tercatat mengalami 20 kali gempa. Namun, menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, gempa itu tidak mungkin dirasakan warga karena berada di bawah 2 skala Richter. “Pada tanggal 30 dan 31 (Agustus) ada 20 kali gempa,” katanya.
Sementara saat ini gempa belum terdeteksi dan gunung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, itu terlihat normal.
Pantauan Tempo dari Desa Suka Nalu, Kecamatan Naman Teran, salah satu kecamatan yang masuk radius enam kilometer, Rabu (1/9) pagi, gunung itu hanya mengeluarkan asap, abu vulkanik berwarna putih.


Surono mengatakan keadaan Gunung Sinabung Rabu pagi normal. “Kondisinya normal. Aman-aman saja,” kata Surono.

Surono kembali menegaskan, abu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Sinabung, gunung api yang kini berstatus A, tidak membahayakan. “Ya, paling penting itu tidak membahayakan,” katanya.
Walau dalam keadaan normal, Surono menyebutkan, wilayah yang berada di radius enam kilometer dari Gunung Sinabung masih berstatus awas. “Status gunung masih awas,” ungkapnya.

Bupati Kabupaten Tanah Karo, Daulat Daniel Sinulingga, mengaku belum mengetahui kapan warga yang  rumahnya masuk jangkauan radius enam kilometer Gunung Sinabung dibolehkan kembali pulang.
“Pemkab masih menunggu dari tim Pak Surono,” kata Daulat, Selasa malam, di rumah dinasnya, Jalan Veteran, Kota Kabanjahe.

sumber

No comments:

Post a Comment