Kabupaten Langkat Tampung 1.300 Pengungsi

Pengungsi Gunung Sinabung
Medan - Pengungsian yang terjadi akibat letusan Gunung Sinabung, tidak hanya berada di Kabupaten Karo, namun juga terdapat di Kabupaten Langkat. Setidaknya ada 1.300 jiwa penduduk Karo yang sedang mengungsi di sana hingga Senin (30/8/2010).

Keterangan yang diperoleh dari Kepala Bidang Humas Pemerintah Kabupaten Karo, Jhonson Tarigan menyatakan, para pengungsi yang berada di Kabupaten Langkat tersebut, umumnya berasal dari desa-desa yang ada di Kecamatan Naman Teran, Karo. Antara lain Desa Kuta Rakyat, Desa Kuta Gugung, Desa Sigarang-garang dan Desa Kebayaken


"Dari desa mereka, jaraknya lebih dekat ke wilayah Kabupaten Langkat dibanding ke Kabanjahe atau Brastagi di wilayah Karo. Itu makanya mereka mengungsi ke Langkat," kata Tarigan kepada wartawan di Posko Utama Penanggulangan Bencana Alam Letusan Gunung Sinabung, Jl. Veteran, Kabanjahe, Karo.

Para pengungsi tersebut saat ini ditampung di Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat. Jaraknya sekitar 18 kilometer dari desa asal pengungsian.

Ke 1.300 pengungsi yang berada di Langkat ini, sudah dimasukkan dalam daftar pengungsian yang ada di posko utama. Dengan demikian total 29.818 jiwa yang dinyatakan sebagai pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung.hingga Senin siang, sudah termasuk para pengungsi yang ada di Langkat ini.

sumber


No comments:

Post a Comment