Pemerintah Kucurkan Rp 15 Miliar untuk Pengungsi Gunung Sinabung

Pengungsi Sinabung
Jakarta - Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dana Rp 15 miliar untuk menangani musibah meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sebagian besar dana akan dialokasikan untuk 30 ribu pengungsi di 16 titik.

"Rp 15 miliar itu untuk menanggung kebutuhan para pengungsi, termasuk para aparat seperti tim kesehatan sehingga pengungsi bisa lebih nyaman," kata Menko Kesra Agung Laksono usai dipanggil Presiden SBY di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (30/8/2010).


Agung belum dapat memastikan sampai berapa lama para pengungsi akan bertahan di lokasi pengungsian. Namun, kata dia, telah disiapkan dana untuk 10 hari ke depan guna memenuhi kebutuhan pengungsi.

Untuk mengantisipasi membeludaknya pengungsi, menurut Agung, sekolah-sekolah akan diliburkan sehingga ruang kelas dapat ditempati oleh para pengungsi.

"Kalau pengungsi terus bertambah kemungkinan sekolah-sekolah akan diliburkan sehingga para pengungsi bisa tinggal di sekolah itu. Tetapi, mudah-mudahan tidak terjadi," ujar politisi Golkar ini.

Status Gunung Sinambung awas. Warga di sekitar gunung berapi itu harus diungsikan. Menko Kesra akan berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Dikatakan di, Presiden SBY akan mengirimkan paket khusus kepada para pengungsi berupa selimut, sarung, makanan dan susu untuk bayi dan paket untuk para pengungsi. "Itu dikeluarkan pribadi dari Presiden," kata Agung.

Berapa paket Pak? "Saya belum bisa memastikan," jawab eks Ketua DPR ini.

No comments:

Post a Comment