Intensitas Letusan Sinabung Belum Turun

Masih Status Awas...
TEMPO Interaktif, Medan -Hingga hari ketiga, letusan Gunung Sinabung terus terjadi, bahkan tim pengamat hari ini (31/8) mencatat Gunung Sinabung mengalami tiga kali gempa.

Abu vulkanik terus keluar dari empat lubang, kawah, yang berada di bagian teratas dan samping Gunung Sinabung, di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Pantauan Tempo dari jarak dua kilometer dari titik letusan Gunung Sinabung pagi tadi, abu vulkanik masih terus keluar. Bahkan, abu semula berwarna putih menjelang pada pukul 07.15 WIB, berubah menjadi kecoklatan. Perubahan tersebut tidak lama.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono menegaskan, status Gunung Sinabung masih awas.


“Kondisinya kalau dari aktivitasnya belum tanda-tanda (menurun) signifikan. Oleh karena itu kami dalam level kemarin awas, level kali ini belum menunjukkan penurunan. Jadi awas belum kita turunkan,” kata Surono.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin berharap kondisi tersebut dapat kembali normal, dan para pengungsi dalam minggu ini kembali ke rumahnya dan beraktivitas seperti biasa.

Hanya, Surono enggan memberikan tenggat waktu menurunnya status Gunung Sinabung. “Jangan mengatakan itu, saya bukan tukang ramal,” ujar Surono.

Disebutkannya, intensitas Gunung Sinabung belum menunjukkan penurunan hingga hari ketiga. Bahkan, lanjut dia, selain terus menerus meletus, Gunung Sinabung juga tercatat mengalami gempa.

“Hari ini tercatat tiga kali gempa. Gempanya gunung berapi tidak terasa, karena tidak sampai 2 skala Richter,” jelasnya. Gempa itu karena adanya pergerakkan cairan, magma di dalam perut gunung.

No comments:

Post a Comment